Jumat, 18 November 2011

SDLC

Nama : Resta Nurul. F
NPM : 35110767
Kelas: 2DB20


SDLC singkatan dari Software Development Life Cycle atau biasa disebut juga System Development Life Cycle.

1.Pengertian SDLC
.
SDLC dimulai dari tahun 1960-an, untuk mengembangkan sistem skala usaha besar secara fungsional untuk para konglomerat pada zaman itu. Sistem-sistem yang dibangun mengelola informasi kegiatan dan rutinitas dari perusahaan perusahaan yang berpotensi memiliki data yang besar dalam perkembangannya.SDLC atau Software Development Life Cycle atau sering disebut juga dengan System Development Life Cycle adalah prosesmengembangkan atau mengubah suatu sistem perangkat lunakdengan menggunakan model-model dan metodologi yang digunakanorang untuk mengembangkan sistem-sistem perangkat lunaksebelumnya (berdasarkan best practice atau cara-cara yang sudah teruji baik).

Tahapan-tahapan yang ada pada SDLC secara global adalah sebagai berikut :

• Inisiasi (Initiation) Tahap ini biasanya ditandai dengan pembuatan proposal proyekperangkat lunak.

• Pengembangan konsep sistem (System concept development) Mendefinisikan lingkup konsep termasuk dokumen lingkup system analisis manfaat biaya, manajemen rencana, dan pembelajarankemudahan sistem.

• Perencanaan (planning) Mengembangkan rencana manajemen proyek dan dokumenperencanaan lainnya. Menyediakan dasar untuk mendapatkansumber daya (recource) yang dibutuhkan untuk memperoleh solusi.

• Analisis Kebutuhan (requirement analysis)
Menganalisis kebutuhan pemakai sistem perangkat lunak (user) dan mengembangkan kebutuhan user .Membuat dokumen kebutuhanfungsional.

• Desain (design) Mentransformasikan kebutuhan detail menjadi kebutuhan yang sudah lengkap, dokumen desain sistem fokus pada bagaimanadapat memenuhi fungsi-fungsi yang dibutuhkan.

• Pengembangan (development ) Mengonversi desain ke sistem informasi yang lengkap termasukbagaimana memperoleh dan melakukan instalasi lingkungan system yang dibutuhkan,membuat basis data dan mempersiapkan prosedur kasus pengujian,mempersiapkan berkas ataufilepengujian, pengodean, pengompilasian, memperbaiki danmembersihkan program; peninjauan pengujian.

• Integrasi dan pengujian (integration and test )
Mendemonstrasikan sistem perangkat lunak bahwa telah memenuhi kebutuhan yang dispesifikasikan pada dokumen kebutuhan

• fungsional. Dengan diarahkan oleh staf penjamin kualitas (quality assurance) dan user . Menghasilkan laporan analisis pengujian.

• Implementasi (implementation) Termasuk pada persiapan implementasi, implementasi perangkat lunak pada lingkungan produksi (lingkungan padauser )danmenjalankan resolusi dari permasalahan yang teridentifikasi dari integrasi dan pengujian.


• Operasi dan pemeliharaan (operations and maintenance) Mendeskripsikan pekerjaan untuk mengoperasikan dan memelihara sistem informasi pada lingkungan produksi (lingkungan pada user ) termasuk implementasi akhir dan masuk pada proses peninjauan.

• Disposisi (disposition) Mendeskripsikan aktifitas akhir dari pengembangan sistem dan membangun data yang sebenarnya sesuai dengan aktifitas user
.
Ada beberapa model SDLC yang dapat digunakan. Semuanya memiliki kelemahan dan kelebihan pada setiap model SDLC. Hal terpenting adalah mengenali tipe pelanggan(customer )dan memilihmenggunakan model SDLC yang sesuai dengan karakter pelanggan (customer ) dan sesuai dengan karakter pengembang.

2.Model SLDC

SDLC memiliki beberapa model dalam penerapan tahapan prosesnya.

• Model Waterfall
Model SDLC air terjun (waterfall) sering juga disebut model sekuensial linier (sequential linier ) atau alur hidup klasik (classic life cycle).

• Model Prototipe
Model prototipe dapat digunakan untuk menyambungkanketidak pahaman pelanggan mengenai hal teknis dan memperjelas spesifikasi kebutuhan yang diinginkan pelanggan kepadapengembang perangkat lunak.
• Model Rapid Application Development (RAD)
Rapid Application Development (RAD) adalah model proses pengembangan perangkat lunak yang bersifat inkrementalterutama untuk waktu pengerjaan yang pendek.

• Model Iteratif
Model iteratif (iteratif model) mengombinasi proses-proses pada model air terjun dan iteratif pada model prototipe.

• Model Spiral
Model spiral (spiral model) memasang iteratif pada model prototipe dengan kontrol dan aspek sistematik yang diambil dari model air terjun.

sumber: http://www.scribd.com/doc/68035438/Sdlc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar