Sabtu, 05 Maret 2011

Tugas 3K Organisasi dan Metode (softskill)

TUGAS 3K (3K=Kamis Ketiga)

NAMA: Resta Nurul. F
NPM: 35110767
KELAS: 1DB19


1. Jelaskan definisi tentang Organisasi:

Jawab:
Beberapa definisi tentang Organisasi:
Menurut ERNEST DALE:
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.

Menurut CYRIL SOFFER:
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.

Menurut KAST & ROSENZWEIG:
Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.

Definisi UMUM:
“Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan”

2. Sebutkan ciri-ciri dari organisasi

Jawab :
CIRI-CIRI ORGANISASI:

* Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
* Dikembangkan untuk mencapai tujuan
* Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
* Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.


3. Sebutkan 14 Kaidah manjemen menurut Henry Fayol

Jawab:
14 Kaidah manjemen menurut Fayol yang menjadi dasar teori administrasi:
Pembagian kerja

* Wewenang & tanggung jawab
* Disiplin
* Kesatuan perintah
* Kesatuan pengarahan
* Mendahulukan kepentingan umum
* Balas jasa
* Sentralisasi
* Rantai Skalar
* Aturan
* Keadilan
* Kelanggengan personalia
* Inisiatif
* Semangat korps


4. Jelaskan Empat kaidah Manajemen menurut Frederick W. Taylor:

Jawab:
Empat kaidah Manajemen menurut Frederick W. Taylor:
a. Menggantikan metode kerja dalam praktek dengan metode atas dasar ilmu pengetahuan.
b. Mengadakan seleksi, latihan dan pengembangan karyawan
c. Pengembangan ilmu tentang kerja, seleksi, latihan dan pengembangan secara ilmiah perlu intregasikan.
d. Perlu dikembangkan semangat dan mental karyawan untuk mencapai manfaat manajemen ilmiah

5. Apa perbedaan Teori Modern dengan Teori Klasik

Jawab :

a. Teori Klasik memusatkan pandangan pada analisa dan deskripsi organisasi sedangkan Teori Modern menekankan pada perpaduan & perancangan sehingga terlihat lebih menyeluruh.
b. Teori Klasik membicarakan konsep koordinasi, scalar, dan vertical sedangkan Teori Modern lebih dinamis, sangat komplek, multilevel, multidimensi dan banyak variable yang dipertimbangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar