Jumat, 25 Februari 2011

Tutorial

Sebuah tutorial merupakan salah satu metode mentransfer pengetahuan dan dapat digunakan sebagai bagian dari pembelajaran . Lebih interaktif dan lebih spesifik dari sebuah buku atau kuliah , tutorial berusaha untuk mengajar dengan contoh dan memberikan informasi untuk menyelesaikan tugas tertentu.
Tergantung pada konteks tutorial dapat mengambil salah satu dari banyak bentuk, mulai dari satu set instruksi untuk menyelesaikan tugas ke sesi interaktif memecahkan masalah (biasanya dalam akademisi).
Academia
Dalam Inggris akademik bahasa , tutorial adalah kelas kecil dari satu, atau hanya sedikit, mahasiswa , di mana tutor ( dosen atau anggota staf akademik lainnya) memberikan perhatian individual kepada siswa. Sistem tutorial di Oxford dan Cambridge merupakan dasar metode mengajar di universitas-universitas, tetapi tidak berarti khas untuk mereka; Heythrop College ( University of London ), misalnya, juga menawarkan sistem tutorial dengan satu lawan satu pengajaran. Sangat jarang universitas baru di Inggris untuk memiliki sumber daya untuk menawarkan bimbingan individu, enam sampai delapan (atau bahkan lebih) mahasiswa adalah ukuran tutorial jauh lebih umum. Di Cambridge, tutorial dikenal sebagai suatu pengawasan. Tutorial telah menarik kontroversi di Inggris dengan beberapa Universitas meningkatnya ukuran kelas dan memotong jam tutorial untuk menghemat biaya.
Pada beberapa universitas di Kanada, seperti University of Waterloo atau University of Toronto , tutorial mengacu pada sesuatu yang lebih seperti pembacaan di universitas Amerika, yaitu kelas antara 12-18 siswa yang besar tambahan untuk kuliah program , yang memberikan siswa kesempatan untuk membahas kuliah dan / atau bacaan tambahan dalam kelompok yang lebih kecil. Tutorial ini sering dipimpin oleh mahasiswa pascasarjana , biasanya dikenal sebagai " Asisten Mengajar "(TA), meskipun tidak diketahui untuk instruktur utama tentu saja, bahkan jika seorang profesor penuh, untuk mengambil tutorial. Di Princeton University , tutorial ini dikenal sebagai preceptorials dan dipimpin oleh preceptors . Woodrow Wilson mengembangkan sistem berhubung dgn pendidikan, berniat untuk menjadi bentuk utama pengajaran.
Di Australia dan Selandia Baru universitas, tutorial (bahasa sehari-hari disebut tute a) adalah siswa kelas 10-30. tutorial tersebut sangat mirip dengan sistem Kanada, meskipun kadang-kadang bisa tutorial dipimpin oleh kehormatan atau pascasarjana siswa, yang dikenal sebagai ' tutor '.
Pada dua kampus St John's College, US dan perguruan tinggi lainnya Amerika beberapa dengan versi yang sama dari Buku Besar program, sebuah "tutorial" adalah kelas 12 - 16 siswa yang bertemu secara teratur dengan bimbingan seorang guru. Tutorial berfokus pada area subyek tertentu (misalnya tutorial matematika, bahasa tutorial) hasil dan umumnya dengan cermat membaca teks-teks primer dipilih dan bekerja melalui latihan yang terkait (misalnya, menunjukkan bukti Euclid atau menerjemahkan puisi Yunani kuno). Sejak formal kuliah tidak memainkan peranan besar dalam kurikulum College St John's, tutorial adalah metode primer di mana mata pelajaran tertentu dipelajari. Namun, di St John's tutorial dianggap tambahan ke seminar , di mana kelompok yang lebih besar sedikit dari siswa bertemu dengan dua tutor untuk diskusi yang lebih luas dari teks tertentu pada daftar seminar.
Beberapa perguruan tinggi AS, seperti Williams College di Williamstown, Massachusetts, menawarkan tutorial hampir identik dalam struktur dengan sebuah Oxbridge tutorial. Di Williams, siswa di tutorial biasanya bekerja berpasangan bersama seorang profesor dan bertemu setiap minggu, bergantian mempresentasikan makalah posisi atau kritik kertas pasangannya.

Internet

Internet tutorial komputer dapat mengambil bentuk rekaman layar, sebuah dokumen tertulis (baik secara online atau download), atau file audio, dimana seseorang akan memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang bagaimana melakukan sesuatu.
Tutorial biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut:
• A presentation of content , Sebuah presentasi isi, biasanya dengan contoh atau contoh-contoh, sering dipecah menjadi modul diskrit atau bagian.
• method of review , Beberapa metode kajian yang memperkuat atau tes pemahaman isi dalam modul yang terkait atau bagian.
• A transition to additional modules or sections , Sebuah transisi ke modul tambahan atau bagian yang dibangun berdasarkan instruksi sudah disediakan.
Sementara banyak penulis lihat hanya daftar instruksi atau tips sebagai tutorial, penggunaan ini bisa menyesatkan.
les berbasis Komputer
Dalam Pendidikan berbasis komputer , tutorial adalah sebuah program komputer yang tujuannya adalah untuk membantu pengguna dalam mempelajari bagaimana menggunakan (bagian dari) sebuah perangkat lunak produk seperti office suite atau aplikasi lainnya, antarmuka sistem operasi, alat pemrograman, atau permainan . Ada dua macam tutorial perangkat lunak: film tutorial yang Anda menonton, dan interaktif tutorial di mana Anda mengikuti petunjuk di layar (dan dalam beberapa kasus menonton film instruksi singkat), dimana Anda melakukan latihan tutorial dan mendapatkan umpan balik tergantung pada tindakan Anda. tutorial komputer berbasis Beberapa juga dapat memasang di web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar